Atur Ritme Kegiatan, Calhaj Solo Jaga Kondisi Jelang Ibadah Inti

Atur Ritme Kegiatan, Calhaj Solo Jaga Kondisi Jelang Ibadah Inti
Jemaah calhaj KBIH Mandiri sarapan bersama, karena paket makanan yang disediakan hanya makan malam & siang. Beberapa jamaah berinisiatif masak buat makan pagi berjamaah.

MAKAH, MANDIRI – Jemaah calon haji (calhaj) asal Kota Solo, khususnya rombongan dari Kelompok Bimbingan Haji Mandiri (KBH) Mandiri, saat ini terus menjaga kondisi kesehatan dengan cara mengatur ritme kegiatan agar tetap fit menjelang pelaksanaan ibadah inti haji di Arofah sepekan mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Rombongan 3, Kloter 12 Calhaj asal Kota Solo, Romli, kepada kbhmadiri.com, melalui hubungan WhatsApp dari Mekah Almukaromah, Senin (29/7/2019).

“Seluruh calhaj kloter 12, sekarang ini berada di Hotel Manazil Alhayat, Jarwal, Mekah. Jaraknya sekitar 2 km-an dari Masjidil Haram. Cuacany masih seperti biasa, panas, sehingga kami mengimbau kepada jemaah untuk mengatur ritme kegiatan beribadah,” kata Romli.

Menurut Romli, di rombongan yang dia pimpin khususnya, memang separuh di antaranya adalah para lanjut usia yang berkategori risiko tinggi (risti). “Karena itulah kami mengimbau agar mereka tidak memaksakan diri untuk melakukan salat lima waktu di Masjidil Haram,” tambahnya.

Saat ini, mendekati minggu puncak haji, hampir seluruh rombongan calhaj dari seluruh dunia sudah berada di Mekah. Sehingga Masjidil Haram sangat ramai. “Bagi mereka yang risti, untuk naik bus Salawat pun berdesak-desakan. Sehingga kami memang mengimbau agar mereka tidak setiap saat salat lima waktu ke Masjidil Haram.”

Dengan menjaga ritme kegiatan selama menunggu puncak haji itu, menurut Romli, dia berharap rombongan berada dalam performance kesehatan yang prima. “Dengan begitu, nanti pada saat puncak ibadah haji di Arofah, Musdalifah, dan Mina para calhaj kami harapkan kondisi kesehatannya tetap prima.” (***)

Mulyanto Utomo
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos