Butuh Rp101 Juta untuk Praktik Manasik, Alumni dan Pengurus KBIH Mandiri akan Galang Dana

Butuh Rp101 Juta untuk Praktik Manasik, Alumni dan Pengurus KBIH Mandiri akan Galang Dana
Inilah para sesepuh, pengurus, dan pengelola Yayasan Haji Mandiri dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Mandiri Surakarta yang selalu siap membantu para calon haji dengan ilmu manasik haji.

SOLO, MANDIRI – Yayasan Haji Mandiri Surakarta dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Mandiri, Senin (2/3/2020), akan menggelar acara penggalangan dana untuk 116 calon haji (calhaj) KBH Mandiri tahun 1441H/2020. Praktik Manasik Haji seperti biasa akan dilaksanakan di Asrama Haji Donohudan pada tanggal 7-8 Maret 2020.

Ketua Yayasan Haji Mandiri H Joko Riyanto menjelaskan, Panitia Praktik Manasik Haji KBH Mandiri telah terbentuk dan kagiatan penggalangan dana itu rencananya akan dilaksanakan dalam kegiatan Temu Kangen, Silaturahmi, dan Penggalangan Dana bersama seluruh alumni KBH Mandiri di Gedung Pertemuan RM Taman Sari Jl. Adisucipto No. 168 Colomadu Karanganyar.

Dana yang dibutuhkan untuk kegiatan manasik haji selama dua kali, yaitu di Asrama Haji Donohudan dan di kompleks miniatur Makah-Madinah, Fatimah Az-Zahra, Gunungpati, Semarang, menurut panitia mencapai Rp101 juta.

Dana sebesar itu di antaranya untuk sewa kamar untuk 200 orang (untuk panitia dan jemaah calhaj) di Asrama Haji Donohudan, sewa 3 bus, Konsumsi untuk 200 orang selama dua hari, berbagai perizinan penggunaan tempat manasik dan sebagainya.

“Kegiatan penggalangan dana seperti ini sudah menjadi tradisi KBH Mandiri. Ini semua untuk membiayai para calhaj yang mengikuti bimbingan haji di KBIH Mandiri yang memang tidak dipungut biaya. Mereka kami muliakan untuk berkonsentrasi menimba ilmu dan praktik tata cara berhaji. Dana kami carikan dari para alumni seperti ini, mereka dulu juga tidak dipungut biaya saat mengikuti bimbingan haji,” kata Ketua Yayasan Haji Mandiri H Joko Riyanto.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan penghimpunan dana mengundang para alumni KBH Mandiri Solo untuk ikut berpartisipasi. “Insya Allah ini bukan riya, tetapi berlomba-lomba untuk kebaikan. Dana yang kita kumpulkan ini nantinya semuanya untuk kepentingan calhaj,” kata Ketua KBIHU Mandiri H Bambang Nugroho Putro.

Bambang mengatakan KBIH Mandiri Solo memang memiliki agenda tahunan dengan mengadakan bimbingan teori dan dilanjutkan praktik manasik haji secara gratis. “Tujuannya tentu agar semua calhaj bisa memahami dengan komprehensif, seluruh tahapan manasik,” ungkap dia. (***)

Mulyanto Utomo
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos