Fisik Calhaj 2020 Peserta Manasik di KBH Mandiri Mulai Ditempa

Fisik Calhaj 2020 Peserta Manasik di KBH Mandiri Mulai Ditempa
Para jemaah calon haji Kota Solo yang tergabung dalam manasik KBH Mandiri sedang melakukan kegiatan olahraga di Stadion Sriwedari, Sabtu (7/1/2020)

SOLO, MANDIRI – Mulai hari Selasa (7/1/ 2020) pagi pukul 05.30 s/d 07.00 WIB sebanyak 116 jemaah calon haji (calhaj) Kota Solo yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Haji (KBH) Mandiri, kebugaran fisiknya mulai ditempa di Stadion Stadion Sriwedari dengan kegiatan olahraga dan kesemaptaan jasmani.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian manasik haji yang sudah kami laksanakan sejak Oktober 2019 silam. Jika selama ini calhaj baru diberi pelajaran seputar ilmu dan teori haji, maka mulai hari Selasa ini mereka kami siapkan kekuatan fisiknya. Sebab ibadah haji itu memerlukan kekuatan fisik yang prima,” jelas Ketua KBH Mandiri Solo, Ustadz Bambang Nugroho Putro.

Kegitan yang dilakukan secara rutin setiap hari Selasa sejak KBH Mandiri membimbing para calhaj tahun 200-an silam itu, dimulai dengan cek tensi, dilanjutkan pemanasan, senam dan kemudian berjalan mengitari bagian dalam stadion Sriwedari setidaknya tujuh kali putaran.

Start di pojok tenggara, menurut Bambang, sebagai gambaran seolah-olah mereka melakukan tawaf dari Rukun Hajar Aswad. “Dimulai dengan ‘Bismillahi Allahu Akbar’ atau ‘Allahu Akbar’ berlari-lari kecil mengitari stadion dimulai oleh para calhaj. “ Di pojok barat daya, mereka juga kami instruksikan mrmbaca doa sapu jagad seolah-olah berada di Rukun Yamani.”

Menurut Ustadz Bambang, tim olahraga KBH Mandiri, dipimpin oleh H Supriyadi. Hadir dalam kegiatan pagi itu di antaranya Wakil Yayasan, para tutor, bahkan para alumni KBH Mandiri ikut serta memeriahkan kegiatan itu. “Mereka juga tampak semangat sebagaimana peserta sangat antusias.”

Ustadz Bambang menjelaskan, melatih dan mempersiapkan kebugaran fisik ini akan dilakukan setidaknya hingga beberapa kali pertemuan, sampai menjelang mereka berangkat ke Tanah Suci. “Kesemaptaan jasmani ini sangat penting, karena haji banyak membutuhkan aktivitas fisik, maka badan yang sehat dan bugar sangat dibutuhkan.”

Dikatakan Ustadz Bambang, jemaah calhaj yang tergabung dalam manasik di KBH Mandiri Solo ini sudah dimulai sejak Oktober 2019 silam. Dimulai dari paparan ustaz yang juga motivator dari Solo, Andi Kusuma Brata, Sabtu (12/10/2019) di Mandiri Center di Jl. Kahuripan Utara Raya No. 74, Sumber, Banjarsari, Solo.

Yayasan Haji Mandiri yang menyelenggarakan Kelompok Bimbingan Haji (KBH) Mandiri Solo menawarkan manasik haji bagi calon jemaah haji secara gratis alias tidak dipungut biaya selama 8 bulan. “Kami dengan sungguh-sungguh, Insyallah seprofesional mungkin membimbing calon jemaah haji melalui program manasik gratis,” tutur Ketua KBH Mandiri Solo, Bambang Nugroho Putro. (***)

Mulyanto Utomo
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos