KBIHU Mandiri akan Kembali Beri Bimbingan Manasik Haji

KBIHU Mandiri akan Kembali Beri Bimbingan Manasik Haji
Rapat Pleno Yayasan Haji Mandiri yang dihadiri Pengawas, Pengurus, dan Pengelola KBIHU Mandiri di Gedung Mandiri Centre, Sumber, Solo, Rabu (28/10/2020) malam lalu

SOLO, KBIH-MANDIRI – Setelah vakum hampir selama satu tahun, terkait pembatalan pemberangkatan jemaah haji 2019/2020, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Mandiri Solo mulai awal November ini berencana mengadakan manasik haji kembali tentu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Haji Mandiri, Solo, H Joko Riyanto dalam Rapat Pleno Yayasan Haji Mandiri yang dihadiri Pengawas, Pengurus, dan Pengelola KBIHU Mandiri di Gedung Mandiri Centre, Sumber, Solo, Rabu (28/10/2020) malam lalu.

“Insyaallah yang akan memberikan arahan sekaligus pembekalan pertama nanti Plt. Kepala Kemenag Kota Surakarta  Bapak H. Rosyid Ali Safitri. Diharapakan para tamu Allah akan lebih bersemangat dalam menyambut musim haji tahun depan,” kata Joko Riyanto seperti dipaparkan Ketua KBIHU Mandiri, H Bambang Nugroho Putro kepada kbhmandiri.com.

Beberapa waktu silam, menurut Bambang, untuk mengisi kekosongan selama pandemic Covid-19 sebenarnya KBIHU Mandiri sudah berencana untuk mengadakan bimbingan mansik haji seara online untuk memperkuat motivasi, sekaligus menjaga pengetahuan dan ilmu tentang berhaji yang telah diberikan beberapa bulan sebelumnya. “Namun waktu itu belum diizinkan, karena aturan soal protocol kesehatan,” tambahnya.

Oleh karena beberapa KBIH juga sudah mulai melakukan bimbingan haji secara off line (tatap muka langsung), maka KBIH Mandiri pun akhirnya berinisiatif untuk melaksanakan bimbingan haji agar pengetahuan dan ilmu tentang berhaji yang telah diberikan beberapa bulan sebelumnya tetap terjaga.

“Insyaallah manasik Calhaj 2021 akan dimulai, Sabtu 7 November 2020 di Masjid Istiqlal Surakarta. Kami terapkan standar protokol kesehatan dengan ketat sesuai dengan instruksi pemerintah,” kata Bambang.

Dikatakannya, KBIHU Mandiri tahun ini akan membimbing sebanyak 124 + 6 cadangan calon haji ditambah sejumlah calon haji dari luar kota dan waiting list. “Total ada 4 kelas, dengan peserta sktr 150 orang ini akan dilaksanakan secara bergigilir sehingga tetap sesuai dengan standar protocol kesehatan.”

Langkah dimulainya bimbingan mansik haji ini kata Bambang dilakukan untuk merespons kegelisahan para calhaj karena keberangkatan mereka harus ditunda. Untuk menjaga semangat, agar ilmu ibadah haji mereka tidak hilang kami akan kembali mengadakan manasik haji,” kata Ketua Yayasan Haji Mandiri Solo, H Joko Riyanto. (*)

Mulyanto Utomo
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos