Menag: Pelaksanaan Haji 2021 Belum Ada Kepastian…

Menag: Pelaksanaan Haji 2021 Belum Ada Kepastian…
Para pengurus Yayasan Haji Mandiri Solo dan Pengelola Kelompok Bimbingan Haji dan Umroh (KBIHU) Mandiri tetap berkomitmen untuk melaksanakan bimbingan kepada jemaah calon haji 2021, meskipun belum ada kepastian keberangkatan.

JAKARTA, KBIHMANDIRI– Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan sampai saat ini belum ada kepastian mengenai pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 ini.

“Kementerian Agama sudah mengambil sejumlah upaya untuk mencari informasi tentang kepastian pelaksanaan ibadah haji tahun ini, termasuk melangsungkan pertemuan dengan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi pada Senin (11/1/2021) pekan lalu di Kantor Kementerian Agama di Jakarta,” papar Menag dalam rapat kerja dengan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di gedung MPR / DPR, Jakarta, Senin (18/1/2021),

Dia menekankan keputusan mengenai pelaksanaan rukun Islam kelima itu memang menjadi kewenangan pemerintah Arab Saudi.

Seperti dilansir laman voaindonesia.com , Yaqut juga menyatakan telah menyurati Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh bin Tahir al-Bantani. Selain itu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama telah bertemu dan berkoordinasi dengan otoritas terkait di Arab Saudi pada Desember 2020.

“Sampai saat ini, kepastian tentang ada atau tidaknya penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2021 belum diperoleh. Pemerintah Arab Saudi saat ini masih fokus pada penanganan Covid-19 di dalam negeri mereka serta penanganan penanganan Covid-19 pada negara-negara pengirim jamaah haji,” kata Yaqut.

Meski begitu, Yaqut. Kementerian Agama akan terus melakukan upaya terbaik terkait pelaksanaan ibadah tahun ini. Kementerian Agama memiliki tiga opsi, yakni kuota penuh, kuota terbatas, dan seperti tahun lalu tidak memberangkatkan jamaah haji.

Yaqut menjelaskan pemerintah tetap berpegang pada opsi pertama dalam persiapan pengiriman jamaah haji tahun ini. Dia berharap pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga peelaksanaan haji 2021 dapat berjalan normal seperti tahun-tahun sebelum ada pandemi Covid-19.

Kalau berjalan normal, Yaqut memperkirakan pemberangkatan pertama kloter pertama jamaah haji mulai 15 Juni 2021. Sehingga waktu tinggal untuk persiapan pelaksanaan ibadah haji saja. (***)

Mulyanto Utomo
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos