Menuju Mekah, Calhaj KBIH Mandiri Miqat di Masjid Bir Ali Paling Awal

Menuju Mekah, Calhaj KBIH Mandiri Miqat di Masjid Bir Ali Paling Awal
Sejumlah calhaj KBIH Mandiri Surakarta 2019 foto bersama di depan pelataran Masjid Bir Ali, sesaat sebelum berangkat ke Mekah, Jumat (19/7/2019) pagi.

MADINAH, MANDIRI — Sebanyak 66 calon haji tahun 2019/1440 jamaah Kelompok Bimbingan Haji Indonesia (KBIH) Mandiri Surakarta, Jumat (19/7/2019) pagi tadi diberangkatkan ke Makah, setelah selama hampir sepekan berada di Madinah untuk menjalankan ibadah salat arbain.

“Kami berangkat pukul 06.00 pagi ini dari hotel di Madinah, lalu menuju ke Masjid Bir Ali untuk mengambil miqat,” kata Ketua Rombongan 3 KBIH Mandiri, Romli, dalam laporannya via WhatsApp kepada kbhmandiri.com.

Miqat adalah batas bagi dimulainya ibadah haji (batas-batas yang telah ditetapkan). Jika melintasi miqat, seseorang yang ingin mengerjakan haji atau umrah harus mengenakan kain ihram dan mengucapkan niat hendak berhaji atau berumrah.

“Alhamdulillah kami tadi tiba di Masjid Bir Ali termasuk yang paling awal, sehingga kami tidak harus mengantre saat berihram dan melakukan salat sunah dua rakaat,” tambah Romli.

Calhaj yang tergabung dalam KBIH Mandiri Kota Solo, berjumlah 66 orang. Mereka menurut Romli terbagi kedalam dua rombongan. “Rombongan 3 berjumlah 44 orang. Sementara 22 calhaj lainnya, bergabung dengan rombongan 2 dan 3 yang masih dalam satu kloter,” jelas Romli.

Calhaj 2019 KBIH Mandiri bersiap di hotel Madinah untuk berangkat ke Mekah, Jumat (19/7/2019)

Calhaj asal Kota Solo Tahun 1440H/2019M ini berjumlah 407 orang. Mereka diberangkatkan dari Embarkasi Adi Soemarmo dari Pendapi Gedhe, Balaikota Solo, Selasa (9/7/2019) sehari kemudian mereka diberangkatkan menuju Madinah.

Lebih lanjut Romli menyampaikan bahwa sejauh ini seluruh anggota calhaj yang tergabung dalam KBIH Mandiri Surakarta dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. “Mohon doanya, semoga perjalanan menuju Mekah ini nanti juga berjalan lancar,” tambahnya.

Jarak antara Kota Mekah dan Madinah kurang lebih sekitar 490 kilometer, jika dilakukan dengan mengendarai bus waktu yang tempuh sekitar 6-7 jam. Setidaknya butuh istirahat sekali di perjalanan sebelum tiba ke Mekah.

Sehingga kalau kita lihat, banyak rest area baik di sisi kiri atau pun kanan jalan yang diperuntukkan bagi orang-orang yang melakukan perjalanan panjang tersebut. Jalan tol sepanjang hampir 500 km yang dilalui bus tersebut membelah gurun dan gunung terjal menghubungkan dua tanah Haram (haramain), Makkah dan Madinah. Konon jalan tol itulah yang dulu dilalui Nabi Muhammad saw saat berhijarah dari Mekah ke Madinah. (***)

Mulyanto Utomo
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos