Puas Praktik di Fatimah Az-Zahra, Calhaj KBH Mandiri Apresiasi Panitia Manasik

Puas Praktik di Fatimah Az-Zahra, Calhaj KBH Mandiri Apresiasi Panitia Manasik
Jemaah calon haji Kelompok Bimbingan Haji (KBH) Mandiri praktik towaf di replika Kakbah di Fatimah Az-Zahra, Gunungpati, Semarang, Ahad (24/3/2019). Foto: Humas KBH Mandiri

SEMARANG, MANDIRI – Sekitar 90 calon haji (calhaj) 2019 Kelompok Bimbingan Haji (KBH) Mandiri Solo, memberi apresiasi tinggi dan merasa puas atas komitmen pembimbing dan panitia. Mereka dinlai all out dalam menyampaikan teori dan praktik manasik hingga kunjungan ke kompleks Fatimah Az-Zahra di Kecamatan Gunungpati, Semarang.

“Saya sangat terkesan dan mengapreasiasi apa yang telah dilakukan panitia KBIH Mandiri menyelenggarakan kegiatan manasik praktik ini dengan lancar dan sukses,” kata Romli, salah seorang calhaj mewakili kawan-kawannya seusai melakukan prkatik manasik haji di Fatimah Az-Zahra di Kecamatan Gunungpati, Semarang, Ahad (24/3/2019) .

Menurut Romli, praktek manasik ke Fatimah Azzahra Semarang sungguh sangat bermanfaat untuk calon jamaah haji. “Saya sebagai calon jamaah haji th 2019 mendapat gambaran riil tentang tempat-tempat yang menjadi tujuan dalam rangkaian ibadah haji nanti, setelah praktik tadi,” katanya.

Dia juga mengungkapkan bahwa teori-teori yang telah dipelajari dalam rangkaian pelajaran manasik selama ini menjadi semakin melekat ketika para calhaj mempraktikkannya dengan mengunjungi miniatur tempat-tempat prosesi haji di Fatimah Az-Zahra yang hampir mirip dengan aslinya.

Seperti disampaikan Ketua KBH Mandiri Ustaz Bambang Nugroho Putro, Ahad para calhaj KBH Mandiri mengadakan praktik manasik haji di kompleks destinasi wisata religius Fatimah Az-Zahra di Kecamatan Gunungpati, Semarang.

“Praktik manasik haji ke Fatimah Az-Zahra ini untuk lebih memantapkan para calhaj, agar nanti di Tanah Suci tidak lagi ragu atau kebingungan. Sabtu dua pekan lalu, mereka sudah melaksanakan praktik manasik haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Namun agar lebih mantab, mereka kami bawa ke Fatimah Az-Zahra karena di sana replika untuk praktik manasik haji hampir sesuai dengan aslinya,” kata Ketua KBH Mandiri Solo, Ustaz Bambang Nugroho Putro, Senin (25/3/2019).

Calhaj KBIH Mandiri di Fatimah Az-Zahra Semarang

Kompleks wisata religius Fatimah Az-Zahra berada di Jl Muntal, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Berjarak sekitar 10 km dari Kota Ungaran. Fatimah Az-Zahra sekarang ini dinilai sebagai tempat yang sangat tepat untuk melakukan praktik manasik haji karena memiliki replika Kota Mekah dan Madinah beserta Masjid Nabawi dan Masjidil Haram dengan Ka’bahnya yang hampir mirip dengan aslinya.

Jemaah calhaj KBH Mandiri, sejak berdirinya Yayasan Haji Mandiri Solo 2003 silam memang member bimbingan secara gratis kepada calon haji di wilayah Surakarta dan sekitarnya.

Ketua Yayasan Haji Mandiri, Joko Riyanto, mengatakan yayasan memfasilitasi sarana prasarana kepada para calhaj agar mereka memperoleh bekal Ilmu, kekuatan mental, pembiasaan kerja sama dan saling empati sesama duyufurahman agar mereka dapat melakasanakan dengan penuh percaya diri dan gembira hati serta ikhlas.

“Fasilitas yang kami berikan ini semuanya tanpa dipungut biaya, karena semua sudah ditanggung para alumni dan pengurus Yayasan Haji Mandiri. Kami berharap para calhaj fokus saja pada ilmu tentang haji baik syarat, rukun, wajib, maupun sunah haji sehingga mereka bisa melaksanakan dengan benar dan tertib sesuai tuntunan Nabi,” tambah Joko beberapa waktu lalu. (***)

Mulyanto Utomo
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos