Sukses, Manasik Umroh Calhaj KBIHU Mandiri di Donohudan

Sukses, Manasik Umroh Calhaj KBIHU Mandiri di Donohudan
Para calon haji yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh Mandiri Solo, bersiap-siap melaksanakan praktik manasik umrah di Dodnohudan, Ahad (9/2/2020)

SOLO – Sebanyak 116 jemaah calon haji (calhaj) Kota Solo yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Mandiri Solo, Ahad (9/2/2020), mengadakan praktek manasik umroh di kompleks Asrama Haji Donohudan.

“Kegiatan ini menindaklanjuti usulan para pembimbing dan tutor agar diadakan praktek manasik umroh,” kata Drs. H. Joko Riyanto, S.H, MM, MH, selaku Ketua Yayasan Haji Mandiri Surakarta saat Upacara Pelepasan peserta Praktek Manasik Umroh KBIH Mandiri di kompleks Haji Mandiri Center.

Menurut Ketua KBIHU Mandiri Ustadz Bambang Nugroho Putra, praktik manasik umrah ke Asrama haji Donohudan ini boleh disebut sebagai program baru, karena dalam manasik tahun-tahun sebelumnya tidak diselenggarakan praktik umroh namun langsung praktek manasik haji selama dua hari di Donohudan.

“Praktek manasik haji di Donohudan selama dua hari akan kami selenggarakan pada tanggl 7-9 Maret 2020 mendatang. Alhamdulillah manasik umroh yang kami laksanakan kemarin berlangsung sukses,” kata Ustadz Bambang.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Haji Mandiri Ustadz Joko Riyanto menyatakan bahwa sebagai tamu Allah harus optimis, agar semua peserta manasik Jamaah KBIHU Mandiri menjadi haji mabrur.

Tujuan praktek manasik haji dan umroh ini, kata Ustadz Joko agar tercipta haji yang sempurna. Dikatakan pula bahwa KBIHU mandiri memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji yang paripurna serta lebih dari ukuran kebanyakan. “Kita yakin bisa guyup rukun, jauhkan dari sifat egois.”

 

Para calhaj 2020 KBIHU Mandiri saat akan berangkat ke Donohudan untuk praktik Manasik Umroh di Mandiri Centre

Praktek Manasik  umroh di Donohudan dikuti empat rombongan berasal dari lima kecamatan di Surakarta. Kegiatan diawali dengan foto peserta dilanjutkan dengan Upacara pelepasan Ketua Yayasan Haji Mandiri dan diteruskan Salat dua rakaat di Masjid Istiqlal sebagai gambaran Masjid Bir Ali tempat miqot.

Setelah niat labbaika umrotan para peserta diajak bersama sama ke Asrama Haji Donohudan (sebagai Makah) mengendari empat Bus yg disediakan gratis KBIHU Mandiri untuk melakukan Umroh yg diawali prosesi tawaf yaitu mengelilingi Ka’bah tujuh kali putaran dimulai dari rukun hajar Aswad dengan melambaikan tangan sambil membaca Bismillahi Allahu Akbar.

Setelah itu dilakukan Sa’i yaitu lari lari kecil dimulai dari Bukit Shofa dan berakhir di Bukit Marwa sebanyak tujuh kali lintasan.  Ketika berada di lampu hijau untuk laki-laki berlari-lari kecil sembari berdoa.  Kegiatan diakhiri dengan tahalul yang ditandai dengan menggunting rambut sebagai tanda berakhirnya seluruh prosesi Umroh.

Kegiatan ini dikomandoi oleh Ustd. H. Sutrisno, selaku ketua panitia pelaksana praktek manasik Umroh KBIH Mandiri. Kegiatan praktek Manasik umroh sungguh luar biasa dan sukses. Para peserta tidak dipungut biaya.  “Ini semua adalah sumbangan dari para pengurus, pembimbing dan para alumni KBH Mandiri sebagai wujud kemabbruran haji para alumni serta dari sumber yang tidak mengikat.” (hasfar/mulyanto)

Mulyanto Utomo
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos